"We are not professional film critics. We just want to enjoy and to give our opinions about movies. If you have different opinion from us, we would be very happy. Because it shows that we live in a very complex society, with many different thoughts, opinions, and taste. So the movie makers will be challenged to always satisfy their audiences and they will make more and more great movies of all times..."

- Ode & Yanti -

Wednesday 4 July 2012

The Amazing Spiderman (2012)


Genre: Action, Adventure, Fantasy
MPAA: Rated PG-13 for sequences of action and violence
Company: Columbia Pictures
Director: Marc Webb
Casts:  Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans, Martin Sheen
Runtime: 136 min
Recommendations: 8/10

"His past was kept from him. His search for answers has just begun."

The word “Amazing” on the title suits the movie very well. Satu kata yang keluar dari mulut saya setelah menyaksikan versi 3D film ini di bioskop adalah “amazing”. Sebuah film yang berbeda dengan versi sutradara Sam Raimi, karakter Peter Parker yang berbeda dengan yang diperankan oleh Tobey Maguire. Tokoh Peter Parker dalam film ini diperankan dengan baik oleh Andrew Garfield (dikenal dalam film The Social Network sebagai Eduardo Saverin, co-founder Facebook).

The Amazing Spiderman (tAS) adalah film Spiderman yang di re-boot setelah sebelumnya beredar tiga film tentang jagoan laba-laba ini. Karena re-boot, maka cerita dari tAS ini kembali ke saat dimana Peter Parker mendapatkan kemampuannya.

Berpegang pada cerita di dalam komik, tAS menampilkan Gwen Stacy (Emma Stone)sebagai pacar dari Peter Parker. Jaring laba-laba yang dikeluarkan Spiderman juga berasal dari alat pelempar jaring buatan Peter Parker, mirip dengan komiknya. Mungkin hal yang berbeda dengan komiknya adalah bagaimana George Stacy menentang keberadaan Spiderman sebagai pahlawan dan bagaimana Peter Parker membocorkan identitasnya sebagai Spiderman kepada Gwen Stacy. Di komik, George Stacy sangat mendukung keberadaan Spiderman dan Peter Parker tidak pernah memberitahu identitas rahasianya kepada Gwen Stacy.
Andrew Garfield as Peter Parker
Emma Stone as Gwen Stacy
Marc Webb (Director)
 
Sama dengan film Spiderman yang pertama, tAS menampilkan adegan2 kunci di awal cerita kemunculan Spiderman, seperti adegan tergigit laba-laba hasil mutasi genetik dan adegan terbunuhnya Ben Parker (Martin Sheen) oleh perampok yang memicu tindakan vigilante dari seorang Peter Parker.

Untuk Villain alias tokoh jahat di film ini, terpilih tokoh Dr. Curt Connors yang bertransformasi menjadi the Lizard, manusia reptil dengan kekuatan, kecepatan dan kepintaran diatas rata-rata. Bagaimana Dr. Connors berubah menjadi the Lizard diceritakan dengan baik dalam film ini, dan dikemas dengan cukup baik sehingga penonton tidak bosan karena adanya penggambaran perubahan dua tokoh dalam satu film yang biasanya antara terlalu bertele-tele atau terlalu cepat.

Sebagai penggemar film superhero, sebelum memasuki gedung bioskop saya sudah merubah pola pikir saya. Karena saya sudah menonton film Spiderman versi Sam Raimi saya mengambil kesimpulan bahwa saya tidak akan bisa menikmati film ini kalau saya tidak bisa melupakan film versi Raimi, oleh karena itu sebelum masuk bioskop saya sudah melupakan film versi Raimi dan hanya berpegang pada pengetahuan saya tentang Spiderman berdasarkan komiknya. Hasilnya saya bisa menikmati film tanpa harus membandingkan dengan versi sebelumnya, tanpa harus kecewa karena adegan kuncinya berbeda dengan versi sebelumnya, etc. 

Overall, menurut saya film ini bagus. Jika harus, dan hanya jika harus, membandingkan dengan versi Sam Raimi, film arahan sutradara Marc Webb ini sedikit lebih baik dibandingkan versi Raimi. Dimana kelebihannya? Menurut saya ada di pengaturan emosi dan tempo cerita yang baik, akting brillian Andrew Garfield dan pengambilan gambar yang baik (mengingat adegan berayunnya spiderman tidak semuanya hasil CGI). Saran saya sih, nikmati saja filmnya baru setelah itu membandingkan, jangan sampai sambil nonton anda sudah membandingkan, yang ada nanti tidak ada kata “amazing” keluar dari mulut anda ;). Selamat menonton, enjoy the movie.

1 comment:

Please share your opinions here :)